Minggu, 22 Februari 2009

Ada lubang di lini belakang mu


Manchester - Setelah 16 pertandingan, gawang Manchester United akhirnya kebobolan. Memang bukan Edwin van Der Sar yang mengawal, tapi Sir Alex mengakui kalau lini belakangnya memang berlubang.

Van der Sar jelas punya peran besar kalau dalam tiga bulan terakhir gawang MU tidak kebobolan di Premier League. Tapi hasil itu jelas didapat bukan hanya karena kepiawaiannya seorang menghalau gempuran, keberadaan empat pemain lini belakang yang dikomandani Rio Ferdinand adalah faktor kunci lain yang membuat MU minim kemasukan.

Dan semalam kiper Belanda itu sedang dibebastugaskan saat gawang MU dibobol Blackburn Rovers. Namun gol tersebut diakui Fergie bukan semata karena tiadanya sang kiper Belanda, namun karena lini pertahanan MU punya lubang dan ternyata mampu dilihat dan kemudian dimanfaatkan oleh tim tamu.

"Bukan rahasia lagi kalau kami memiliki masalah di lini belakang. Kami harus mengganti komposisinya setiap saat dan Blackburn mampu mengambil keuntungan dari hal tersebut. Cara mereka bermain, dengan banyak melambungkan bola, itu sulit untuk ditangkal," sahut Fergie usai pertandingan seperti diberitakan Goal.

Nemanja Vidic dan Ferdinand disebut-sebut sebagai duet jantung pertahanan terbaik di Eropa saat ini. Tapi bagaimana saat mereka tidak sedang dipasangkan? Padahal karena padatnya jadwal, Fergie harus merotasi barisan pertahanannya.

Dalam laga semalam Ferdinand di duetkan dengan Jonny Evans di awal laga, meski dia kemudian diganti Vidic di menit 60. Di empat pertandingan terakhir, Fergie bahkan tak punya komposisi tetap untuk barisan pertahanan, dan kondisi inilah yang mampu dibaca dengan baik Sam Allardyce.

Meski harus meraih kemenangan dengan susah payah dan mendapat banyak tekanan serta ancaman, namun Fergie meyakinkan kalau ini hanya merupakan salah satu titik dalam perjalanan MU. Dia menyebut kalau hasil 2-1 sekali tidak menggambarkan kondisi sebenarnya dari Setan Merah.

"Kami menguasai pertandingan dan memberikan sebuah gol yang buruk. Ini sama sekali tak mengindikasikan performa kami belakangan ini," pungkas Fergie.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar